5 Alasan Seseorang Menunda Menikah

Pernikahan memang impian semua orang. Yang membedakan antara satu dan yang lainnya adalah waktu pernikahan. Ada yang ingin segera menikah ketika memasuki 20 tahun, namun tak sedikit juga yang menunda pernikahan hingga dirasa waktunya tepat. 

5 Alasan Seseorang Menunda Menikah

Ada banyak alasan mengapa seseorang menunda pernikahan. Ada yang memang ingin mengejar karier, mengejar prestasi bahkan mengejar materi yang diimpikannya sejak kecil. Tak ada yang salah, karena semua tergantung pada sudut pandang masing-masing. Untuk mengetahui lebih lengkap alasan seseorang menunda menikah, simak artikel berikut ini. 

1. Menikmati kesendirian

Umumnya, tipe orang seperti ini masih menikmati hidup sendiri. Mereka cenderung merasa bebas, tidak ingin terikat dalam sebuah hubungan. Bahkan, tidak ingin terjebak dalam hubungan dengan orang yang salah. Pada saatnya nanti mereka akan menikah pada usia dan calon yang tepat. 

2. Mengejar ambisi 

Ambisi mengejar impian sejak kecil adalah hal yang patut diperjuangkan. Orang dengan tipe demikian akan merasa terganggu jika harus terikat dalam suatu hubungan. Mereka akan cenderung kehilangan fokus untuk impiannya. Sehingga menunda pernikahan adalah hal yang tepat menurutnya. 

3. Bayangan masa lalu

Pengalaman masala lalu yang kurang baik dalam hubungan dapat menghantui hingga masa kini. Akibatnya, mereka cenderung menutup diri dan takut untuk memulai sebuah hubungan kembali. Ketakutan dalam berkomitmen tak akan hilang hingga trauma di masa lalunya dapat tersembuhkan. Saat ia menemukan orang yang tepat yang dapat membalikkan pengalaman masa lalunya, maka ia tak akan menunda menikah terlalu lama.

4. Perceraian

Pada dasarnya perceraian adalah hal yang ditakuti oleh semua orang. Tak ada yang menginginkan hubungan berakhir dalam perceraian. Namun, orang yang memiliki pengalaman perceraian dari orang tua, umumnya akan mempengaruhi pandangannya terhadap pernikahan. Orang seperti ini akan sangat berhati-hati untuk memutuskan berhubungan dengan orang lain. 

5. Kegagalan

Kegagalan dalam sebuah hubungan dapat mengakibatkan trauma berkepanjangan. Perasaan cinta dan sayang yang terlanjur melekat dalam biasanya sulit untuk dihapuskan. Akibatnya, mereka akan berpikir ulang untuk sebuah hubungan. Akan membutuhkan waktu yang lama hingga masa traumanya teratasi. 

Kelima alasan diatas merupakan contoh kecil alasan seseorang menunda pernikahan. Tak jarang, seseorang mengalami lebih dari satu alasan diatas. Permasalahan kompleks akibat kolaborasi alasan-alasan diatas. Akibatnya, mereka akan menunda menikah dalam waktu yang jauh lebih lama. 

Untuk keluar dari situasi tersebut, seseorang harus berdamai dengan dirinya sendiri dan menata kembali hatinya. Selain itu, sudut pandang tentang pernikahan harus diperbarui lagi agar semangat dalam menikah kembali berkobar.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Alasan Seseorang Menunda Menikah"

Posting Komentar